Minggu, 10 Oktober 2010

Mentransfer Teks yang Terdapat Didalam Gambar Dengan FreeOCR

Ada yang udah pernah menggunakan FreeOCR ini?, mungkin beberapa belum. Nah Sesuai judul "Mentransfer Teks yang Terdapat Didalam Gambar dengan FreeOCR" yup, benar, dengan software ini kita bisa mentransfer teks yang terdapat pada gambar. Masih ada yang bingung? begini, cara kerja software ini membaca teks-teks yang terdapat pada suatu image yang kemudian ditransfer kedalam bentuk teks.

Saya juga belum lama menggunakan FreeOCR ini, kisahnya waktu itu saya disuruh menyalin kembali file gambar hasil scan buku, nah pas disini saya ingat-ingat bahwa saya punya software untuk mentransfer teks yang ada didalam image ke teks, jadi saya ngak usah capek-capek lagi nulis ulang, hehehe. Pas saya install itu software, wuih, betapa senangnya hati ini, bahwa saya tidak jadi menyalin file yang ada didalam gambar yang banyaknya 25 gambar, bisa keriting neh tangan ane, hehehe.

Tapi waktu itu ada 2 file gambar yang saya salin manual karena OCR ini gak mampu baca hasil scan-an yang tidak presisi, huh cape juga. Kemudian saya pikir-pikir lagi untuk cek versi yang terbaru, wah ternyata ada. Dalam hati saya, bisa tidak ya membaca file yang 2 tadi yang saya salin manual. Alamak, ternyata bisa menyalin file tersebut dari gambar ke teks. Wah, ane sudah capek nulis, baru menemukan updatetannya. 

Bagi yang gak mau capek nyalin-nyalin file gambar yang ada tulisannya ke dalam teks, saya kasih softwarenya ya, dan sudah saya buat portable sehingga tidak perlu install. Karena versi terbaru ini, penginstallan hanya bisa dilakukan secara online dari situs aslinya dengan terhubung kejaringan internet. Atau kalau terlalu besar untuk versi ini, akan saya kasih versi sebelumnya, tapi versi yang lama belum bisa membaca file yang kurang presisi gambarnya gitu, tinggal pilih saja yang mana yang kalian mau.

Maaf, sementara link download FreeOCR v.3 Portable saya remove, karena terjadi error pada saat dijalankan, sebagai alternatifnya silahkan download yang versi 2.0 nya. Bagi yang sudah download, saya minta maaf, entah di komputer anda jalan atau tidak. Jika error sudah diperbaiki maka saya akan kasih link kembali, terima kasih atas ketidaknyamanan anda.

Download FreeOCR v.3 Portable Disini! = link diremove sementara =

Tidak ada komentar: