Sabtu, 30 Oktober 2010

Mengatasi Serangan Netcut Pada Jaringan dengan Port Monster

Bagi para pengguna jaringan pasti tidak asing lagi dengan yang namanya netcut, yup betul, yaitu software untuk meng-cut jaringan komputer lain sehingga komputer tersebut tidak dapat terhubung dengan internet. Bagi beberapa orang awam, mereka pasti tidak sadar apa yang terjadi pada jaringan komputer mereka yang tadinya bisa browsing di internet dengan riang gembira tiba-tiba ada tulisan "Server Not Found", "Connection Was Time Out", "Connection Was Reset", dan lain sebagainya yang menyebabkan koneksi secara halus terputus dan secara kasat masih tetap tersambung ke jaringan. 


Berikut saya jelaskan cara kerja Netcut.

Address Resolution Protocol (ARP) spoofing, juga dikenal sebagai ARP,flooding ARP poisoning atau ARP Poison Routing (APR), adalah teknik yang digunakan untuk menyerang Ethernet atau jaringan nirkabel. ARP Spoofing mungkin mengizinkan penyerang untuk menyadap data pada jaringan lokal (LAN), memodifikasi lalu lintas, atau menghentikan lalu lintas sama sekali. Serangan hanya dapat digunakan pada jaringan yang benar-benar memanfaatkan ARP dan bukan metode resolusi alamat lainnya.

Prinsip ARP spoofing adalah dengan mengirim pesan ARP palsu, atau ke LAN Ethernet. Secara umum, tujuannya adalah untuk mengasosiasikan alamat MAC penyerang dengan alamat IP node lain (seperti default gateway). Setiap lalu lintas dimaksudkan untuk alamat IP akan keliru dikirim ke penyerang sebagai gantinya. Penyerang kemudian bisa memilih untuk meneruskan lalu lintas ke default gateway sebenarnya (pasif sniffing) atau memodifikasi data sebelum meneruskannya (serangan man-in-the-middle). Penyerang juga bisa meluncurkan serangan denial-of-service (DOS) terhadap korban dengan mengasosiasikan alamat MAC palsu ke alamat IP dari default gateway korban.

serangan spoofing ARP dapat dijalankan dari host yang terdapat pada jaringan tersebut atau dari mesin penyerang yang terhubung langsung ke segmen Ethernet target. 

Cara Yang Sudah Pernah saya gunakan untuk menagkal Netcut yaitu dengan menggunakan Software Port  Monster. Nah lho, koq bukan software anti ARP lainnya seperti Netcut, AntiARP, dan lain sebagainya. Jangan salah sangka dulu kawan, semua software antiARP sudah pernah saya coba dan semuanya gagal, kecuali yang satu ini, Port  Monster, software ini dapat mengkal berbagai serangan netcut yang ada, disamping itu juga ada cara lain yang manual, tapi nanti dulu deh, nanti bingung., prinsipnya sama saja . Saya kasih yang ini aja ya, silakan kalo mau di download ada dibawah.

Download Port Monster Disini!

Tidak ada komentar: